Monday, October 22, 2012

Khasiat dan Kegunaan Kayu Cendana

Pernah mendengar kayu cendana? Cendana yang kalau di Jakarta dijadikan nama jalan ini adalah adalah sejenis pohon cemara dari keluargaSantalaceae yang tumbuh hingga 8 sampai 12 meter tingginya. Dalam istilah latin kayu cendana disebut santalum album L. Sedangkan di Indonesia yang memiliki ragam bahasa daerah, ada beberapa nama sebutan untuk kayu ini. Masyarakat Minangkabau menyebutnya Tindana, Sindana (Dayak), Candana (Sunda), Candana, Candani (Jawa), Candhana, Candhana lakek (Madura), Candana (BeIitung), Ai nitu, Dana (Sumbawa), Kayu ata (FIores), Sundana (Sangir), Sondana (Sulawesi Utara), Ayu luhi (Gorontalo), Candana (Makasar), Ai nituk (Roti), Hau meni, Ai kamelin (Timor), Kamenir (Wetar), Maoni (Kisar). 
Sebagai kayu yang keras, kayu Cendana dapat diukir menjadi benda seni yang indah sekaligus menebarkan aroma harum. Minyak Cendana umumnya digunakan sebagai wewangian pada dupa, kosmetik, parfum dan sabun. Sebagai aromaterapi aroma Cendana memiliki efek menenangkan, mengurangi kekacauan dan menyeimbangkan pikiran.
Selain difungsikan sebagai sumber pewangi dan digunakan sebagai bumbu untuk makanan dan minuman, kayu cendana juga memiliki khasiat lho..! Cendana memiliki sifat antiplogistik/anti-inflamasi, antiseptik, antispasmodik, karminatif, astringen, diuretik, emolien, ekspektoran, relaksan dan tonik. 

Berikut beberapa khasiat dari penggunaan kayu cendana : 

1. Penggunaan Internal
Di dalam tubuh, minyak Cendana bekerja pada saluran urogenital dan melawan infeksi kronis. Minyak Cendana secara tradisional digunakan untuk gangguan perut dan pencernaan, infeksi saluran kemih bawah –termasuk sistitis dan gonore– serta demam, kepala pusing dan keluhan dada umum. Minyak Cendana juga membantu untuk membersihkan radang selaput lendir hidung, meredakan batuk kering dan memperbaiki sistem pencernaan, terutama ketika diare. 

2. Penggunaan Eksternal
Pada kulit, minyak esensial Cendana membantu melembabkan kulit kering atau mengelupas, menghilangkan gatal-gatal dan peradangan dan menyeimbangkan kulit berminyak. Cendana dalam bentuk pasta bermanfaat untuk memudarkan bekas jerawat, bekas tanda regangan (stretch marks), bintik dan noda hitam. Sifat cicatrisant pada cendana membantu untuk meregenerasi kulit dan memudarkan semua bekas luka, noda dan bintik-bintik pada kulit. Efek kerjanya cenderung lebih baik bila digunakan bersama dengan bahan-bahan perawatan kulit lainnya. Manfaat lainnya adalah perlindungan dari sinar matahari (tabir surya) dan penghapusan tan (kulit gelap karena sinar matahari) . 

Nah, kalau sudah tahu khasiat dari cendana, mungkin yang menjadi pertanyaan, dimana bisa mendapatkan kayu cendana? Sementara cendana sudah jarang ditemukan karena sangat sulit di kembang biakkan atau dibudidayakan. Jangan bingung, kami menyediakan kayu cendana asli buat Anda yang memerlukannya. Silakan Klik Disini untuk mendapatkannya. Kemudian ketik kata kunci “Kayu Cendana” pada search enggine yang kami siapkan di kanan atas halaman. 

Salam Sehat dan Sukses.

13 comments:

  1. Terima kasih banyak atas infonya gan.
    Lumayan nambah elmu.

    Parfum Original :
    Kegunaan Parfum.


    ----------------

    ReplyDelete
  2. nice post sob..
    article yang menarik,saya tunggu article berikutnya yach.hehe..
    maju terus dan sukses selalu...
    salam kenal yach...
    kunjungi blog saya juga ya sob,banyak tuh article2 yang seru buat dibaca..
    agen situs poker online indonesia uang asli,poker online terpercaya dan teraman...
    http://chaniaj.blogspot.com/ dan situs kesayangan kami http://oliviaclub.com dan https://www.facebook.com/pages/Benua-poker/683720458370743?fref=ts
    serta sites.google kebanggaan kami https://sites.google.com/site/pokeronlineterpopuler/
    di oliviaclub.com poker online uang asli terbaik di indonesia dengan teknologi teraman dan tercanggih.
    main dan ajak teman anda bergabung dan dapatkan 20%+20% referral fee dari house commision untuk turnover teman ajakan anda...

    ReplyDelete

Ingin Berlangganan Artikel Kami..?? Masukkan Email Anda Disini:

Delivered by FeedBurner