Wednesday, July 27, 2011

Manfaat Kurma Menurut al-Hadits Dan Ilmu Kedokteran

Rasulullah SAW bersabda, “Kurma itu menghilangkan penyakit dan tidak membawa penyakit. Ia berasal dari surga. Dan di dalamnya terkandung obat.”
Kurma menduduki tempat yang istimewa dihati kaum muslimin. Ia adalah obat dan makanan. Ia dianggap sebagai salah satu makanan yang paling baik yang dinasihatkan oleh Rasulullah SAW.
Meskipun harganya murah dan persediaannya selalu berlimpah di pasar-pasar, banyak ilmuwan menggelari kurma dengan manjam (tambang), karena ia memiliki banyak manfaat dan kaya dengan mineral, vitamin dan fosfor.
Kurma lebih bagus daripada zat besi dan kalsium. Bahkan beberapa butir kurma memberikan efek yang lebih besar daripada segelas penuh minuman zat besi atau satu suntikan kalsium. Hal inilah yang mendorong beberapa peneliti untuk mengatakan bahwa seandainya kurma tidak memiliki manfaat selain magnesium yang dikandungnya, maka itu cukup untuk menempatkannya dibagian paling depan makanan dan buah-buahan yang bermanfaat. Magnesium dapat menghancurkan kanker, sampai-sampai penduduk oasis yang sebagian besar adalah orang-orang miskin sama sekali tidak menderita kanker.

Pohon kurma adalah pohon yang mulia. Bukan hanya buahnya saja yang dimanfaatkan oleh penduduk berbagai wilayah di dunia, melainkan juga pelepah dan batangnya. Bagi penduduk Kerajaan Arab Saudi sendiri, kurma telah lama menjadi makanan pokok. Dan seiring dengan perjalanan waktu, perkebunan dan industri kurma terus berkembang hingga menjadi unsure penting dalam peta ekonomi nasional.

Kurma Menurut al-Hadits
Rasulullah SAW bersabda, “Rumah yang didalamnya tidak ada kurma, penghuninya adalah orang-orang lapar.” (HR. Bukhari)
Rasulullah SAW bersabda, “Kurma ajwa yang baik berkhasiat sebagai penyembuh.”
Aisyah berkata, “Rasulullah telah menyebut kurma dan susu sebagai makanan terbaik diantara makanan lainnya.”
Muslim berkata, “Abdullah bin Ghifar melihat Rasulullah mengonsumsi mentimun bersama kurma rutab.”
Sa’ad ra mendengar Rasulullah bersabda, “Barang siapa memakan tujuh butir kurma ajwah di pagi hari, maka racun dan sihir tidak akan membahayakannya pada hari itu.” (HR. Bukhari).
Anas ra berkata, “Rasulullah SAW berbuka sebelum shalat dengan beberapa butir kurma basah (ruthab). Apabila tidak ada kurma basah di tempat beliau, maka beliau berbuka dengan beberapa butir kurma kering (tamr). Dan apabila tidak ada kurma kering, maka beliau menghirup beberapa teguk air.” (HR. Ahmad dan Abu Daud).
Salman ibnu Amir Al Dhabbi meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda, “Apabila seorang dari kalian berbuka, maka hendaklah dia berbuka dengan kurma. Sesungguhnya kurma itu berkah. Dan apabila dia tidak mendapatkan kurma, maka hendaklah dia berbuka dengan air. Sesungguhnya air itu suci.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi).
Dalam kitabnya, Zad Al-Ma`ad, Ibnu Qayyim menyebutkan bahwa kurma dapat menguatkan perut yang dingin, menyamankannya dan menyuburkan badan. Ia termasuk buah yang paling mulia dan paling bermanfaat. Ia adalah raja buah-buahan, penguat lever, dan pelembut tabiat. Ia adalah buah yang paling banyak memberikan nutrisi. Memakannya sebelum makan pagi dapat membunuh cacing. Panas yang dikandungnya adalah penawar racun. Oleh karena itu, apabila ia dimakan secara terus-menerus sebelum makan pagi, maka ia dapat melemahkan cacing dan menguranginya. Ia adalah makanan, obat, minuman, dan manisan sekaligus.
Membatasi ifthar dengan kurma saja memiliki manfaat medis yang besar, yaitu masuknya nutrisi ke dalam perut secara bertahap sampai ia siap menerima makanan setelah itu. Tentang hal ini, Ibnu Qayyim berkata, “Ifthar Nabi SAW ajaran yang sangat bijak. Puasa mengosongkan perut dari makanan, sehingga lever tidak mendapatkan didalamnya sesuatu yang dapat diserap dan disebarkan ke seluruh tubuh. Dan makanan yang manis adalah sesuatu yang paling cepat sampai ke lever dan paling disukainya. Apalagi jika makanan itu adalah kurma, karena ia adalah suci.”
Salamah binti Qais meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Berikanlah kurma kepada wanita yang akan melahirkan, agar anaknya menjadi murah hati. Itu adalah makanan Maryam saat akan melahirkan Isa. Sekiranya Allah mengetahui ada yang lebih baik dari itu, tentu Dia akan telah memberikannya kepadanya.”
Sulaiman bin Amr Al-Dabbi meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Bila seseorang ingin berbuka puasa, maka sebaiknya ia mengonsumsi kurma. Bila tidak tersedia, maka hendaknya ia meminum sedikit air. Karena ia (air) itu bersih dan murni.”

Kurma Menurut Ilmu Kesehatan Modern
Ilmu kedokteran modern telah banyak membahas kurma melalui kajian-kajian, penelitian –penelitian akademis dan lapangan yang terus berkembang. Kajian-kajian dan penelitian-penelitian ini membuktikan bahwa kurma memiliki banyak manfaat, diantaranya:
- Kurma tidak mentransfer bakteri, mikroba, dan ulat yang ada di dalamnya
- Kurma dapat memusnahkan amuba
- Kurma dapat membunuh bakteri yang mungkin menyerang manusia.
- Kurma adalah makanan dan obat paling penting bagi para astronot dan lebih sehat daripada kaviar.
- Kurma mengandung zat yang dapat merangsang kontraksi rahim dan menguatkan otot-ototnya pada bulan-bulan terakhir kehamilan sehingga dapat membantu proses kelahiran.
- Kurma dapat membersihkan usus besar(colon) dan menurunkan tekanan darah
- Kurma mengandung vitamin A, B1, B2, dan D disamping berbagai macam gula yang berstruktur sederhana dan 

Sumber : http://alami-herbal.blogspot.com
Dapatkan kurma tanpa biji, kurma Mesir, kurma Dubai, kurma lapis coklat dan aneka sari kurma di www.developer.berkahherbal.com
Anda cukup pesan dan transfer harganya, pesanan akan dikirim ke alamat anda.

1 comment:

Ingin Berlangganan Artikel Kami..?? Masukkan Email Anda Disini:

Delivered by FeedBurner