Thursday, July 28, 2011

Sukses Dengan Bisnis Afiliasi Online

Afiliasi adalah orang yang merujuk atau menuntun calon pembeli baru ke situs seorang penjual. Seorang afiliasi biasanya disebut sebagai Afiliate Marketer. Model program afiliasi diciptakan khusus untuk menyediakan ruang tambahan tempat orang dapat datang dan membeli dari merchant ( penjual ) yang berafiliasi dengan pemilik situs tersebut. Atau dapat dikatakan bahwa Anda mengajukan kepada seorang penjual untuk memasangkan iklannya di situs Anda dan kemudian Anda mendapatkan komisi jika terjadi transaksi antara pembeli, yang terhubung melalui situs Anda dengan penjual penyedia program afiliasi. Model bisnis ini mungkin satu-satunya model bisnis yang paling banyak mendatangkan kekayaan melalui internet.

Apa keuntungan dengan melakukan bisnis afiliasi?

Situs afiliasi menawarkan banyak sekali keuntungan. Selain sangat menjanjikan secara finansial, situs afiliasi dapat beroperasi dan mendatangkan penghasilan secara cepat. Dan mungkin yang akan menarik perhatian Anda adalah biaya / modal pendiriannya yang sangat murah. Seorang afiliate marketer dapat menjual produk apa saja maupun kombinasi suatu produk. Ketika menemukan ceruk pasar yang kemungkinan dapat menarik minat agar orang mau membeli, Anda dapat segera mencari produk yang berhubungan dengan ceruk tersebut dan menjadi Affiliate Marketernya. Saat ini terdapat ribuan program afiliasi yang tersedia di internet, Anda bisa menjadi penjual apa saja, seperti afiliasi mode pakaian, Anda dapat menjadi afiliasi untuk produk bahan bangunan, Anda dapat menjadi afiliasi untuk produk sepatu, perawatan gigi, hal-hal yang berhubungan dengan pernikahan, asuransi bahkan kartu kredit sekalipun.
Hal yang sangat menguntungkan adalah minimnya resiko menjadi seorang affiliate marketer. Anda tidak perlu beranggung jawab terhadap pemrosesan pesanan dan pengiriman Anda tidak perlu memiliki merchant account untuk menjadi affiliate marketer. Anda tidak perlu kehilangan waktu dan biaya dalam memroduksi sendiri. Bahkan tidak dibutuhkannya pengalaman menjual dan Anda tidak perlu mengembangkan sendiri materi pemasaran Anda. Perusahaan yang Anda wakili akan menyediakan segala sesuatu yang Anda perlukan untuk menjual produk mereka. Jika produk yang Anda wakili tidak laku terjual, Anda dapat dengan mudah membuannya dan mengambil produk lain. Inilah yang saya sebutkan bahwa menjadi affiliate marketer sangat kecil resikonya. Kesuksesan bisnis pada system ini ditentukan oleh Anda sendiri, seberapa bagus Anda mampu menyajikan informasi dan berapa banyak orang yang bisa Anda tarik untuk mengunjungi merchant yang Anda wakili sebagai afiliasi.

Bagaimana menghasilkan uang sebagai afiliasi?
Mekanisme situs afiliasi sangat lugas. Ketika Anda mengikuti program afiliasi sebuah merchant, Anda akan diberi link untuk dipasang di situs Anda atau untuk dikirimkan lewat bulietin dan e-mail Anda. Jika pengunjung mengklik link tersebut, maka mereka akan dialihkan ke situs merchant penyedia afiliasi tersebut. Kemudian ketika pengunjung Anda melakukan pembelian atau melakukan tindakan khusus lain di situs merchant tersebut, maka rekening Anda akan bertambah. Anda tidak perlu khawatir situs merchant tidak membayar Anda karena setiap link afiliasi memuat data spesifik tentang Anda dan peranti lunak ( Software ) situs merchant akan melacak penjualan dan rujukan ( lead ) yang Anda hasilkan. Pada umumnya, afiliasi dibayarkan dalam beberapa metode antara lain :

1. Pay Per Sale Affiliate Program
Program jenis ini jika pembeli mengklik link situs afiliasi merchant dari situs kita dan kemudian melakukan pembelian di situs merchant, maka kita akan mendapat komisi dari transaksi yang terjadi.

2. Recurring Affiliate Program
Pada jenis ini biasa dipakai untuk merchant yang menerima transaksi atau pemasukan pembayaran setiap bulan. Sebagai contoh jika Anda menjadi afiliate untuk sebuah kursus online di internet yang mengharuskan pesertanya melakukan pembayaran bulanan. Dari setiap pembayaran bulanan tersbut, Anda akan memperoleh komisi.

3. Pay Per Lead
Adalah jenis program afiliasi yang memberikan pembayaran flat untuk setiap prospect ( lead ) dengan kualifikasi tertentu yang kita bawa ke situs merchant melalui afiliate link kita. Contohnya produk assuransi, jika kita membawa prospect sesuai kualifikasi produk asuransi tersebut maka Anda akan mendapatkan komisi. Contoh lain adalah produk kredit rumah dan produk pinjaman.

4. Pay Per Click
Jenis program yang membayarkan komisi kepada afiliate marketer jika calon pembeli mengklik link yang Anda sediakan di situs Anda. Jika dengan cukup mengklik, komisi akan masuk ke rekening Anda.

5. Pay Per Search
Affiliate marketer akan mendapatkan komisi jika pengunjung mencari informasi melalui search box khusus yang kita sediakan di situs kita.

6. Hybrid Program Program ini adalah gabungan dari beberapa program afiliasi seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

Bayangkan Anda seorang yang mempunyai hobby memancing dan memiliki situs mengenai memancing. Situs Anda dapat berisi mengenai tempat-tempat memancing yang bagus, teknik memancing bahkan jenis-jenis alat pancing dan umpannya. Setelah itu, Anda dapat mencari program afiliasi yang berhubungan dengan situs Anda. Sebagai contoh, Anda mencari merchant yang menjual alat pancing, merchant mengenai persewaan perahu. Dan Anda akan dibuatkan link untuk dipasangkan di situs Anda.
Pengunjung Anda mungkin akan mengklik salah satu link afiliasi untuk memperoleh informasi produk yang ditawarkan di situs merchant yang menjadi afiliasi Anda. Setelah itu, pengunjung tersebut melakukan transaksi kemudian secara otomatis rekening Anda akan bertambah dengan sendirinya. Mudah bukan? dengan modal minimal Anda bisa mendapatkan komisi.

Buat Konten Di Situs Anda Menarik
Apa menurut Anda alasan kebanyakan orang berselancar di internet? Alasan utama orang berselancar ke internet adalah INFORMASI. Jadi bisa dikatakan bahwa konten atau isi sebuah situs atau blog adalah raja di internet. Konten yang menarik dari sebuah situs dan selalu dimutakhirkan adalah favorit bagi mesin pencari, atau dengan kata lain jika Anda mampu menyajikan sebuah konten menarik untuk sebuah situs web, jika seseorang mencari sesuatu yang berhubungan dengan konten di situs, mesin pencari ( seperti google searh atau yahoo search ) mungkin akan menempatkan situs Anda di urutan teratas pencarian web. Dan, yang lebih penting konten menarik pengunjung untuk tinggal dan membaca, kembali lagi dan melakukan pembelian. Dalam konteks pemasaran lewat internet, pada situs penjualan afiliasi dan situs bisnis lainnya, konten bisa dianggap sebagai prajual.

Tertarik dengan bisnis afiliasi? Klik Disini..!!

Sumber : http://belajar-affiliate-bisnis.blogspot.com/

2 comments:

  1. Terima kasih atas Informasinya Mas, ini sangat bermanfaat bagi saya.
    juga terima kasih atas kunjunganya.
    Salam Kenal ya.

    ReplyDelete

Ingin Berlangganan Artikel Kami..?? Masukkan Email Anda Disini:

Delivered by FeedBurner