Wednesday, August 24, 2011

7 Ciri Pribadi Sukses

Menjadi pribadi sukses, siapa yang tidak mau. Anda, Saya dan Mereka pasti menginginkan untuk menjadi pribadi sukses. Namun, kendati kita telah diberi kesempatan yang sama oleh Sang Maha Pencipta, yaitu 24 jam setiap harinya, tidak semua dari kita bisa menjadi pribadi yang sukses.
Apakah sukses hanya untuk orang-orang tertentu, kalau begitu dimana letak keadilan Tuhan..?
Ya, benar, sukses hanya untuk orang-orang tertentu, yaitu orang yang mau meraihnya dan itu ada tanda-tanda/ciri-nya. Tuhan Maha Adil kepada setiap hamba-Nya, Dia akan menghadiahkan kesuksesan untuk hamba-Nya yang memang telah “siap” untuk menerima kesuksesan tersebut.
Nah, apakah anda ingin meraihnya..?? Sebelumnya, sebaiknya anda cek dulu kesehatan psikologis anda lewat 4 ciri sehat psikologis. Selanjutnya, mari kita simak ulasan saya atas 7 ciri manusia sukses menurut Maxwell Maltz,  usahakan diri anda memiliki ke-7 ciri berikut, bila memang anda benar-benar ingin menjadi pribadi sukses :

1. Sense of Direction
Kemampuan mengarahkan dan memimpin diri sendiri. Ya, sebuah pribadi yang tidak mampu memimpin dirinya jangan berharap untuk sukses, sebab bagaimana dia akan memimpin orang lain bila dia masih seperti layangan putus. Bagaimana bisa menakhodai dan mengarahkan sebuah kapal bila dirinya sendiri masih terombang-ambing.
Pribadi yang siap untuk sukses adalah pribadi yang tidak turut dengan suara-suara lingkungannya. Dia adalah pribadi yang memiliki sikap dan bertahan dengan sikapnya tersebut meski manusia disekitarnya menentangnya. Tidak suka mengeluh maupun mengkambinghitamkan keadaan.
Ingatkah anda bagaimana sejarah Rasulullah SAW yang ditawari harta dan tahta agar beliau menghentikan dakwahnya..?? Namun, meskipun harus diboikot masyarakatnya, beliau tetap teguh dengan pendiriannya. Dan sebagai seorang Rasul, beliau akhirnya sukses. Ummatnya adalah ummat terbanyak dari seluruh Rasul yang diutus Allah.

2. Understanding
Ciri yang kedua adalah Kemampuan Memahami. Pribadi sukses adalah pribadi yang mampu memahami diri, orang lain dan pekerjaan (profesi). Tanpa kemampuan memahami keadaan, sukses akan sulit diraih.

3. Courage
Pribadi yang sukses tercipta dari pribadi yang berani bertindak, menghadapi segala bentuk risiko yang menghadang. Sebab, yang namanya hidup selalu ada risiko, namun tidak semua manusia hidup berani menanggung risiko, sebagian orang memilih lari dan mencari jalan yang menurut mereka lebih aman. Padahal, dengan meninggalkan jalur, sejatinya mereka telah menyerah sebelum bertanding. Kalau memang anda telah memiliki pilihan, perjuangkan pilihan anda dan hadapi risikonya, sukses akan menjadi milik anda.

4. Chairty
Dermawan atau Pemurah. Ya, kalau anda ingin sukses, biasakan untuk berbagi. Berbagi kebahagiaan, berbagi senyuman, suka menolong, suka memuji dengan tulus, merupakan power yang luar biasa bagi pribadi yang ingin meraih sukses. Apa yang anda berikan itulah yang akan anda dapatkan, tentunya dengan jumlah yang berlipat.

5. Esteem (Self-Esteem)
Pribadi sukses adalah pribadi yang memiliki harga diri. Suka menjilat, mengemis dan bermental budak tidak akan membuat anda sukses, malah membuat jiwa anda semakin terpuruk.

6. Self-Acceptance
Pribadi yang bakal meraih sukses adalah pribadi yang mengakui dan menerima kelemahan dan kekurangan mereka. Kelemahan dan kekurangan bagi mereka bukanlah penghalang, tapi hal yang biasa dan wajar yang tidak perlu diratapi. Alih-alih menjadikan kambing hitam, mereka malah fokus kepada kelebihan dan kekuatan unik mereka. Karena manusia pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, jadi bila anda memiliki kekuranga/kelemahan, maka itu artinya anda juga memiliki kelebihan yang tidak dimiliki orang lain. Fokus dan manfaatkan kelebihan anda, niscaya anda akan sukses.

7. Self-Confidence
Ya, anda harus percaya diri jika anda ingin sukses. Tidak minder juga tidak arogan. Bersikap seadanya dan sewajarnya. Tidak meratapi kekurangan dan menyombongkan kelebihan.

Nah, apakah ketujuh sifat tersebut ada dalam pribadi anda..? Kalau belum, berusahalah untuk memilikinya... Bila memang anda berminat untuk menjadi pribadi sukses. Selanjtnya, jika anda bercita-cita menjadi seorang pengusaha sukses, setelah menerapkan 7 kepribadian diatas, ikuti dengan 12 Kunci Pengusaha Sukses.

No comments:

Post a Comment

Ingin Berlangganan Artikel Kami..?? Masukkan Email Anda Disini:

Delivered by FeedBurner