Thursday, August 25, 2011

12 Kunci Menjadi Pengusaha Sukses

Sudah selesai baca 7 Ciri Pribadi Sukses..?
Oke, siapapun, anda, saya ataupun mereka tentunya ingin sukses, dalam bidang apapun yang digeluti. Bagi anda yang bergerak dalam dunia usaha pasti menginginkan sukses dalam usaha. Sayangnya, tidak semua orang bisa meraihnya. Ada saja orang yang telah puluhan tahun berusaha namun selalu gagal, sebaliknya ada yang baru beberapa waktu memulai sudah terlihat tanda-tanda kesuksesannya.
Menjadi pengusaha sukses ada kuncinya. Siapa yang memiliki kunci tersebut akan lebih mudah membuka gerbang kesuksesan dibanding yang tidak memilikinya. Mau tahu kuncinya..?? Simak artikel berikut sampai tuntas.
Menurut Wiliam A. Ward ada empat langkah untuk mencapai sukses, yaitu : perencanaan yang tepat, persiapan yang matang, pelaksanaan yang baik dan yang terakhir, tidak mudah menyerah.
Empat langkah tersebut masih bersifat abstrak dan belum aplikatif. Sekarang mari kita jabarkan dengan rincian yang lebih aplikatif agar anda, saya atau siapapu yang ingin sukses bisa mengaplikasikannya. Setidaknya ada 12 langkah atau bisa juga disebut dengan kunci untuk sukses, yaitu :

1. Ikuti Perkembangan Zaman dan Informasi.
Dari itu, bergabunglah dengan assosiasi ataupun organisasi yang berkaitan dengan bisnis anda. Gali informasi sebanyak-banyaknya.

2. Buat Rencana Keuangan.
Bagaimana bisa menjadi seorang pengusaha sukses kalau anda gagal dalam membuat rencana keuangan. Dunia usaha adalah dunia untuk menghasilkan uang. Catat pemasukan dan pengeluaran. Buat rencana keuangan jangka pendek dan jangka panjang dengan perhitungan yang matang.

3. Perhatikan Cashflow.
Anda harus bisa memperkirakan arus keuangan tunai setidaknya untuk tiga bulan ke depan.

4. Miliki Penasehat atau Konsultan Ahli.
Dalam dunia usaha / bisnis anda memerlukan masukan, saran dan kritik dari orang lain, tentu saja orang yang ahli dibidang usaha yang anda geluti. Tak harus professional, mereka bisa saja dari teman atau keluarga anda.

5. Atur waktu.
Ya, anda harus pandai mengatur waktu agar bisa seimbang antara kerja, santai dan kekuarga. Ada hak istirahat bagi otak dan badan anda. Ada hak bagi keluarga anda. Apa artinya anda sukses dalam bisnis tapi rumah tangga anda hancur atau badan anda sakit.

6. Kembangkan Network.
Dunia bisnis adalah dunia jaringan. Perbanyak kenalan dan  jaringan dengan orang-orang yang berhubungan atau bisa anda hubungkan dengan dunia usaha anda.

7. Disiplin dan Motivasi.
Buatlah daftar pekerjaan yang harus anda kerjakan kemudian laksanakan dengan disiplin. Buat target yang harus anda raih dalam jangka waktu tertentu. Beri motivasi diri anda untuk meraihnya.

8. Mawas.
Anda harus mawas dan waspada terhadap apapun yang terjadi. Perubahan iklim bisnis sedikit saja bisa berpengaruh fatal pada usaha anda. Lakukan evaluasi berjangka dan perbaiki kelemahan sistem dalam perusahaan anda.

9. Cintai Pekerjaan Anda.
Tanpa cinta anda tidak akan betah. Kalau sudah tidak betah mana mungkin anda sanggup bertahan dalam dunia anda. Cintai pekerjaan anda dan dengan cinta itu anda akan sukses didalamnya.

10. Jangan Mudah Menyerah.
Tidak ada istilah gagal dalam dunia usaha. Sukses boleh tertunda namun bukan berarti gagal. Bila anda  terjatuh, segeralah bangkit kembali dan jangan terpuruk.

11. Jangan Lupakan Investasi.
Ya, jangan taruh semua telor dalam satu keranjang, atau jangan masukkan semua uang dalam dompet. Artinya, anda mesti memiliki investasi sebagai benteng pertahanan bagu usaha anda.

12. Ingatlah Untuk Selalu Berbagi.
Ini yang terpenting..! Kalau ingin sukses, biasakan atau programkan untuk berbagi kepada mereka yang membutuhkan. Jangan pelit, karena apa yang anda bagikan akan kembali kepada anda dengan jumlah yang berlipat ganda.


Nah, kalau anda sudah melaksanakan 12 langkah diatas, berarti anda sudah menggenggam 12 anak kunci untuk membuka gerbang sukses. Bersiaplah, pintu sukses akan terbuka dan anda akan dipersilakan untuk memasukinya. Selamat menempati zona sukses...!!

No comments:

Post a Comment

Ingin Berlangganan Artikel Kami..?? Masukkan Email Anda Disini:

Delivered by FeedBurner