Friday, September 9, 2011

Darah Rendah, Darah Tinggi, Kolestrol Atau Penyakit Lainnya, Enyahkan Dengan Kurma..!!

Telah dua postingan di blog ini tentang kurma, pertama mengangkat judul “Kurma, Buah Kaya Manfaat” dan yang kedua “Manfaat Kurma Menurut al-Hadits dan Ilmu Kedokteran”. Tulisan kali ini bermaksud melengkapi dua postingan tersebut.
Membicarakan Kurma yang dalam bahasa latin disebut Phoenix Dactylipera L. Tidak akan ada habisnya, karena tanaman ini termasuk tanaman tertua yang dibudidayakan manusia dan memiliki peranan penting dalam kehidupan ekonomi dan sosial masyarakat di daerah kering dan semi-kering di dunia.
Al-Shahib dan Marshall RJ. dalam The Fruit of The Date Palm: Its Possible as The Best Food For The Future menyebutkan bahwa buah kurma mengandung karbohidrat (44 – 88% total gula), 0,2 – 0,5 lemak dan 2,3 – 5,6% protein. Selain itu, buah kurma juga mengandung banyak vitamin, diantaranya Vitamin A, B1, B2 dan C.
Fungsi Vitamin tersebut :
1. Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah berbagai penyakit, juga sebagai antidote untuk penyakit pilek dan flu.
2. Vitamin B2 (Riboflavin) berfungsi membantu melepaskan tenaga dari makanan yang sudah dikonsumsi.
3. Niasin, selain berfungsi seperti Riboflavin juga baik untuk memelihara kulit.
4. Vitamin B1 (Tiamin) berfungsi membantu melepaskan tenaga dari karbohidrat.
5. Vitamin A, selain untuk kesehatan mata, juga untuk kesehatan kulit.
Tidak hanya vitamin, kurma juga mengandung mineral. Mineral yang paling banyak terkandung dalam buah kurma adalah Natrium (Na), Magnesium (Mg), Kalium (K) dan Kalsium (Ca), demikian menurut Sahari MA, Barzegar M, dan Radfar R. dalam Effect of Varieties on The Composition of Dates (Phoenix dactylifera L.).

Kandungan mineral yang paling besar dalam buah kurma adalah Kalium. Fungsi Kalium diantaranya adalah membuat denyut jantung teratur, mengaktifkan kontraksi otot dan menstabilkan tekanan darah. Kalium yang tinggi juga dapat menurunkan resiko serangan stroke. Jadi bagi anda yang beresiko tinggi terkena stroke ataupun yang tekanan darahnya tidak stabil (terlalu tinggi atau terlalu rendah) sangat disarankan untuk selalu menkonsumsi buah kurma.
Kandungan serat pangan (dietary fiber) dalam buah kurma juga lumayan banyak, yaitu sekitar 6,4 – 11,5%. Mengkonsumsi makanan yang kandungan seratnya tinggi sangat baik agar asam empedu, kolestrol dan lemak dapat dikeluarkan bersama feses dan mencegah terjadinya terjadinya penyerapan kembali. Sebaliknya, asupan makanan yang berserat rendah dapat beresiko terkena kanker usus besar, penyakit jantung, diabetes dan penyakit lainnya.
Hebat kan..?? Makanya jangan ragu untuk merutinkan mengkonsumsi buah kurma. Bila anda kesulitan mendapatkan buah kurma di daerah anda, karena biasanya banyak dijual hanya pada bulan puasa, beli saja secara online di www.developer.berkahherbal.com. Anda cukup klik pesanan dan transfer harganya, pesanan akan kami kirim ke alamat anda.

No comments:

Post a Comment

Ingin Berlangganan Artikel Kami..?? Masukkan Email Anda Disini:

Delivered by FeedBurner