Wednesday, December 21, 2011

8 Motivasi Blogger Sukses

Apa itu motivasi? Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya. Tiga elemen utama dalam definisi motivasi ini adalah intensitas, arah, dan ketekunan. Berdasarkan teori hierarki kebutuhan Abraham Maslow, teori X dan Y Douglas McGregor maupun teori motivasi kontemporer, arti motivasi adalah alasan yang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seorang individu. Sedangkan blogger adalah istilah yang digunakan bagi orang yang memiliki sebuah blog atau lebih dan melakukan penyuntingan terhadap kandungan blog tersebut secara berkala maupun tidak menentu. Sebagai misal blog ini, karena yang membuat dan menyunting artikel adalah saya, maka saya disebut blogger.
Nah, apa saja sebenarnya yang memotivasi seseorang menjadi blogger hingga bisa sukses dalam ngeblog? Mari kita lihat dari berbagai sudut pandang berikut ini :

1. Finansial.
Seorang blogger dengan blog yang memiliki konten menarik dan SEO yang bagus berpeluang mendapatkan pundi-pundi rupiah atau dollar melalui monetisasi blog. Misalnya: jualan produk affiliasi, iklan baris, slot banner, kontes SEO, paid per review dan lain-lain. Tak heran, motivasi ini banyak menghasilkan dummy blog yang menyajikan beragam info menarik dengan berjubelnya link iklan.  Jangan juga terkejut saat mendengar ada blogger yang meraup puluhan juta setiap bulannya dari hasil ngeblog.

2. Personal Branding.
Untuk motivasi jenis ini, yang dipentingkan oleh blogger adalah ketenaran dan mendapat nama baik dalam satu komunitas tertentu. Tulisan-tulisan blogger di blognya sengaja diciptakan untuk membentuk persepsi pembaca agar percaya kepada kapasitas dan kapabilitas yang dimiliki sang pemilik blog.

3. Eksistensi diri.
Ada kalanya seorang blogger ngeblog untuk menunjukkan bahwa dirinya masih ada dan layak mendapat perhatian. Cara yang dilakukan pun beragam. Dari yang wajar dan sesuai aturan, hingga yang nyerempet ekstrim dan mengundang kontroversi.

4. Perjuangan Idealisme.
Bagi sekelompok manusia yang memiliki kesamaan visi dan misi kehidupan, membangun komunitas blog bisa menjadi media yang tepat dalammemperjuangankan idealisme mereka. Tak jarang, motivasi ini turut diselipkan upaya membangun branding bagi blogger yang berada di luar "lingkaran‟ mereka.

5. Menyimpan dan berbagi ilmu.
Menyadari adanya keterbatasan otak manusia dalam menampung banyaknya data, maka seorang blogger menuliskan informasi yang diketahuinya ke dalam artikel. Selain untuk arsip pribadi, diharapakan juga mampu memberi manfaat kepada setiap pengunjung blog yang mampir.

6. Rekreasi.
Seperti halnya kalau Anda liburan, tujuan utamanya adalah bersenang-senang. Blogger yang termotivasi rekreasi dalam aktivitas ngeblognya murni untuk melepas stress dengan guyonan ringan penghilang stress. Artikel curhat pun sering kali tampil di blog sebagai bentuk mentertawai diri sendiri.

7. Investasi Akherat.
Sebagian blogger memanfaatkan teknologi sebagai media dakwah dan syiar agama. Maka terlahirlah blog-blog religi yang tidak pernah lelah saling mengingatkan kita akan adanya kehidupan yang lebih kekal di akhir nanti. Karena mereka yakini salah satu amalan yang tidak putus hingga kiamat adalah ilmu yang bermanfaat.

8. Motivasi Gabungan.
Nah, yang terakhir ini merupakan perpaduan berbagai motivasi di atas. Dan kebanyakan blog memang jenis ini. Kadang ikutan kontes SEO berhadiah domain, di lain waktu juga ikutan sharing ilmu, juga mencari uang (finansial) dan hasilnya disumbangkan (seperti blog ini dan blog saya yang lainnya, pembayaran dari hasil klik iklan ppc akan saya sumbangkan untuk amal sosial).

Oke, sebenarnya tidak masalah kalau Anda menggabungkan berbagai motivasi ke dalam satu blog. Namun yang patut diperhatikan adalah kesatuan tema pembicaraan. Nggak lucu dong kalau sebuah blog motivasi tiba-tiba mengikuti kontes menulis resep makanan. Perubahan yang drastis ini berpeluang menimbulkan kerancuan pemahaman bagi pembaca setia blog Anda.

Jika menurut Anda artikel ini bermanfaat, mari bagikan kepada teman-teman Anda di jejaring sosial. Silakan klik logo jejaring sosial (facebook, twitter dll) dibagian bawah artikel ini.
Salam Sehat dan Sukses
 
Disunting ulang dari ebook "3 Langkah Menjadi Seleblogger".

2 comments:

  1. Assalamu Alkm. Artikelnya menarik. dulu saya buat blog karena motivasi point satu diatas, tapi gak dapat apa2. Maklum Nyubi, ternyata gak semudah membalik telapak tangan

    ReplyDelete

Ingin Berlangganan Artikel Kami..?? Masukkan Email Anda Disini:

Delivered by FeedBurner