Sunday, December 4, 2011

Mau Sukses Wawancara Kerja? Ini Strateginya..!

Pernah diwawancarai untuk memasuki kerja di sebuah perusahaan? Wawancara kerja pasti sesuatu yang menegangkan. Saat mendapatkan panggilan untuk wawancara rasanya senang bukan main, namun ketika memasuki ruang wawancara gugup pun muncul. Selesai wawancara timbul lagi rasa baru, ragu apakah wawancara tadi hasilnya positif alias sukses diterima bekerja ataukah negatif atau ditolak untuk bekerja. Memang kalau ingin sukses dalam melakukan sesuatu kita harus menggunakan strategi. Bagi Anda yang sudah berpengalaman mungkin tidak masalah. Namun bagi pelamar kerja baru yang belum pernah sebelumnya menghadapi wawancara kerja tentu akan jadi persoalan. Nah, bagaimana strateginya agar wawancara kerja Anda sukses, simak berikut ini :

Pertama dan yang paling penting Anda harus mempersiapkan diri dengan matang. Wawancara kerja yang tanpa persiapan akan membuahkan hasil yang kurang maksimal, malah bisa-bisa tidak sukses alias gagal. Jadi sebelum menghadap untuk wawancara kerja, persiapkan dulu diri Anda dengan baik. Cari tahu segala sesuatu tentang perusahaan yang memanggil Anda untuk wawancara. Apa visi dan misi mereka, kelebihan dan kekurangan produk mereka, budaya kerja yang mereka terapkan juga kriteria karyawan seperti apa yang diinginkan oleh perusahaan.

Selanjutnya, setelah mempersiapkan diri dengan mengetahui seluk beluk dan profil perusahaan, persiapkan diri Anda dengan membekali diri dengan kemampuan dan kelebihan. Kenali dengan baik apa saja kelebihan dan kekurangan diri Anda. Apa yang mampu Anda lakukan untuk memajukan perusahaan yang mewawancarai Anda. Saat wawancara, jelaskan dan terangkan kemampuan Anda tersebut. Nanti setelah diterima tunjukkan kalau perusahaan memang tidak salah dalam memilih Anda.

Oke, meskipun Anda harus bercerita tentang keahlian dan kemampuan Anda namun jangan terlalu larut. Jangan berbicara terlalu banyak karena hanya akan membuat Anda kewalahan menghadapi pertanyaan-pertanyaan susulan. Bicara seperlunya saja.

Kecuali itu, Anda harus ingat pesan iklan parfume “kesan pertama begitu menggoda”, alias Anda harus membuat sebuah kesan yang baik saat pertemuan dengan pertama dengan pihak managemen perusahaan yang mewawancarai Anda. Datang lebih awal dari waktu dimulainya wawancara, dengan pakaian dan penampila yang rapi dan sopan akan menambah nilai positif Anda.

Terakhir, setelah selesai wawancara dan membuat pihak manajemen terkesan, buat mereka mengingat Anda. Jangan sampai mereka melupakan Anda karena banyaknya saingan pelamar kerja yang lain. Kirim tanda terimakasih ke perusahaan yang telah memanggil Anda untuk wawancara. Dengan begitu Anda akan “lebih” dipertimbangkan dari saingan Anda.

Oh ya, selain strategi diatas, ada beberapa hal yang “wajib” Anda hindari alias jangan lakukan saat wawancara kerja, tentunya kalau Anda ingin sukses diterima bekerja. Apa saja “pantangan” saat wawancara tersebut? Ikuti pada postingan berikutnya.

Salam Sehat dan Sukses

No comments:

Post a Comment

Ingin Berlangganan Artikel Kami..?? Masukkan Email Anda Disini:

Delivered by FeedBurner