Saturday, December 24, 2011

8 Rahasia Sukses Menjual ala Joe Girard

Pernah mendengar nama Joe Girard? Joe Girard adalah salesman sukses kelas dunia. Namanya tercatat dalam Guinness Book of Record. Sebagai seorang salesman otomotif, Joe Girard sukses menjual 6 – 8 unit mobil setiap hari selama 12 tahun berturut-turut. Padahal, Ia tinggal di Detroid, sebuah pusat otomotif dimana persaingan penjualan otomotif sangat ketat. Namun ia sukses melampaui para rekan-rekannya yang hanya mampu menjual rata-rata 6 unit perbulan. Apa rahasia suksesnya? Bagaimana caranya Ia menjual? Mari kita intip bersama.

Rahasia 1. Saat menyambut Customer (Pelanggan)
Ketika ada calon customer datang, Joe Girard berdiri dan menyambut dengan hangat (padahal untuk ketemu dia harus tunggu 2 bulan). Dia menanyakan bagaimana perjalanan si calon customer dan dia tunjukan perhatiannya. Dia menyapa istri pelanggan dengan pujian yang manis. Suami juga senang karena Joe juga memuji suaminya sebagai orang berbahagia. Joe juga menyapa anaknya customer dengan berlutut. Hal ini membuat kesan mendalam sekali bagi pelanggannya. Dia buat suasana sehingga “anak happy” dan “keluarga happy”. Filosofinya adalah “Jika anak rewel, semakin orang tua terganggu dan tidak jadi closing”. Mengapa? Karena begitu anak rewel, orang tua tidak bisa konsentrasi, maka tidak terjadi closing. Anak-anak harus dibuat betah sehingga orang tua dapat diskusi dengan salesman.

Rahasia 2. Pemberian Badge (Pin)
Joe Girard memberikan sebuah badge (pin) yang tulisannya “I like you“. Dia sendiri memasangkan pin tersebut dibajunya pelanggan sehingga, mendapatkan physical contact dengan pelanggan. Maka secara efek psikologisnya, halangan psikologis kepada calon customer sudah hilang. Kemudian dia berikan hadiah sebotol parfum kecil kepada isterinya pelanggan sehingga mereka merasa sangat gembira. Ia menjalin relasi dengan link emotion. Setelah itu, baru bicara tentang bisnis. “Buying is logic and emotion”, Joe Girard menyentuh hatinya, sehingga dapat menguasai logicnya. Dia menyambut pelanggannya dengan semangat, kasih pin, kasih hadiah kecil , kasih hiburan kepada banyak orang. Apakah di tempat Anda ada suasana yang membuat customer Anda merasa nyaman?

Rahasia 3. Meyakinkan diri pelanggan
Ketika customer telah melakukan transaksi pembelian darinya, Joe Girard selalu menanyakan kepada customernya “Mengapa ia membeli mobil darinya?“. Tentunya si customer akan menceritakan alasan – alasan positif, sehingga berani mengambil keputusan untuk membeli mobil dari Joe Girard. Tujuan dari pertanyaan Joe Girard tadi adalah bukan untuk meyakinkan dirinya tetapi untuk meyakinkan diri si pembeli bahwa keputusannya adalah tepat dan tidak perlu lagi diragukan. Perkataan yang keluar dari mulut si pembeli tentunya akan melegitimasi keputusannya. Setiap customernya membeli mobil dengan rasa keyakinan yang tinggi. Joe Girard selalu mendapatkan Repeat Order sekitar 80%.

Rahasia 4. Mengirimkan Kartu Ucapan
Joe Girard selalu memerintahkan sekretarisnya untuk mengirimkan kartu ucapan terima kasih kepada customernya begitu telah terjadi transaksi penjualan. Selambat-lambatnya 2 hari kemudian, Customer menerima kartu ucapan teima kasih atas pembelian mobil dari Joe Girard. Bukankah suatu perhatian yang fantastic? Kesan itulah yang selalu ditanamkan oleh Joe Girard. Bagaimana pula dengan Anda?

(Bersambung)

2 comments:

Ingin Berlangganan Artikel Kami..?? Masukkan Email Anda Disini:

Delivered by FeedBurner