Friday, December 2, 2011

Bunga Rosella, Herbal Kaya Manfaat

Pernah dengar Rosella. Rosella adalah sejenis tanaman bunga yang berkhasiat untuk pencegahan penyakit. Selain Rosella, herbal ini juga dikenal dengan nama Hibiscus Sabdariffa L., H. Sabdariffa Varaltissima, Rozelle, Red Sorrel, Sour-sour, Lemon Bush, Floryda cranberry, Oseille rouge (Perancis), Quimbombo chino (Spanyol), Karkadeh (Ap\frika Utara), Bisap (Senegal). Rosella adalah tumbuhan yang mempunyai keluarga yang sama dengan bunga raya/sepatu (Hibiscus Rosasinensis). Pohon Rosella tumbuh dari biji/benih dengan ketinggian bisa mencapai 3-5 meter serta mengeluarkan bunga hampir sepanjang tahun. Bunga Rosella berwarna cerah, kelopak bunga atau kaliknya berwarna merah gelap dan lebih tebal jika dibandingkan dengan bunga raya/sepatu. Apa saja manfaat herbal yang satu ini, simak berikut ini :

Bunga Rosella, Kaya Manfaat
Sebagai herbal, bunga Rosella berkhasiat untuk mengurangi kepekatan/kekentalan dalam darah, Membantu proses penceranaan, Mencegah peradangan pada saluran kencing dan ginjal, Penyaring racun dalam tubuh, Vit. C dosis tinggi, Melancarkan peredaran darah, Melancarkan buang air besar, Menurunkan kadar penyerapan alcohol, Penahan kekejangan. Membantu Mengobati: Kanker, Hipertensi, Batu ginjal, Batuk kronis, Lemah syahwat, Lesu, Demam, Stress, Gusi berdarah, Penyakit kulit, Gigitan serangga, Luka, Kurang darah, Insomnia dan lainnya. Selain itu, tumbuhan herbal ini ternyata mampu berfungsi sebagai antiseptik, penambah syahwat, agen astringen. Tanaman ini juga banyak digunakan dalam pengobatan tradisional seperti batuk, ketidakhadaman, lesu, demam, strees, gusi berdarah (skurvi) dan mencegah penyakit hati. Bunga Rosella juga bisa digunakan sebagai pewarna makanan.
Ekstrak daripada kuncup bunganya ternyata mampu berfungsi sebagai antispasmodic (penahan kekejangan), anti helmintik, anti bacteria. Selain itu Rosela ternyata mampu menurunkan kadar penyerapan alkohol, daunnya bisa digunakan untuk merawat luka, penyakit kulit dan gigitan serangga.

Rosella dimanfaatkan diberbagai negara
Menurut penelitian Balltas Malang, bunga Rosela terutama dari tanaman yang berkelopak bunga tebal (juicy), misalnya Rosela merah berguna untuk pencegahan penyakit kanker dan Radang, mengendalikan tekanan darah, melancarkan peredaran darah, dan melancarkan buang air besar. Kelopak bunga Rosela dapat diambil sebagai bahan minuman segar berupa sirup dan teh, selai dan minuman, terutama dari tanaman yang berkelopak bunga tebal, yaitu Rosela Merah. Kelopak bunga tersebut mengandung Vitamin C, Vitamin A dan asam Amino. Asam amino yang diperlukan tubuh, 18 diantaranya terdapat dalam bunga Rosela, termasuk arginin dan legnin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh. Selain itu, Rosela juga mengandung protein dan kalsium. Sementara itu di Afrika, biji Rosela dimakan karena dipercayai mengandung minyak tertentu. Di Sudan, Rosela diproses menjadi minuman tradisional yang dinamakan Karkadeh dan merupakan minuman kebangasaan orang Sudan. Di Malaysia, Rosela juga disebut Asam Paya, Asam kumbang atau Asam Susur. Di India, biji Rosela digunakan untuk mengobati penyakit kulit, kekurangan darah dan kelesuan. 

Rosella sebagai makanan dan obat
Bagian bunga Rosela yang bisa diproses menjadi makanan ialah kelopak bunganya (kaliks) yang mempunyai rasa yang amat masam. Kelopak bunga ini bisa diproses menjadi berbagai macam makanan seperti minuman, jelly, saos, serbuk, teh, atau manisan Rosela. Daun muda Rosela bisa dimakan sebagai ulam atau salad. Sementara itu di Afrika, biji Rosela dimakan karena dipercayai mengandung minyak tertentu. Dalam 100g kelopak segar Rosella terkandung : Air 9.2g – Protein 1.145g – lemak 2.61g – Serat 12.0g – Abu 6.90g – Kalsium 1,263 mg – Fosforus 273.2mg – Zat besi 8.98mg – Karotena 0.029mg – Thiamine 0.117mg – Riboflavin 0.277mg – Niacin 3.765mg – Asid Askorbik 6.7mg.
Dewasa ini, Rosella telah dikemas dalam bentuk seperti teh celup, jadi bagi yang ingin mendapatkan manfaat dan khasiat bunga Rosella tinggal menyeduhnya seperti menyeduh teh dan meminum airnya. Bagi Anda yang ingin mendapatkan teh celup bunga Rosella, bisa dibeli di toko herbal online ini (klik). 

Salam Sehat dan Sukses.

No comments:

Post a Comment

Ingin Berlangganan Artikel Kami..?? Masukkan Email Anda Disini:

Delivered by FeedBurner