Monday, December 26, 2011

8 Rahasia Sukses Menjual ala Joe Girard (Part. II)

Sudah baca 8 Rahasia Sukses Menjual ala Joe Girard? Karena keterbatasan waktu, saya hanya memposting 4 rahasia, 4 rahasia lanjutannya bisa Anda simak disini. Joe Girard, yang tinggal di Detroit ini, selama 12 tahun berturut-turut berhasil menjual puluhan ribu mobil –sendirian– dengan rata-rata penjualan 6-8 kendaraan per hari. Penjualan ini ekivalen dengan kinerja sebuah dealer mobil berukuran top di Indonesia dengan dukungan karyawan 30-an orang. Dalam seminar setengah hari di Jakarta Hilton pada Oktober 1992 ia menceritakan kiat-kiatnya menjadi jago dunia. Ratusan orang rela membayar US$ 250.00 untuk mendengarkan rahasia suksesnya. Nah, disini Anda bisa menyimak rahasia sukses Joe Girard dengan gratis. Apa saja 8 Rahasia Sukses Menjual ala Joe Girard? Yuk kita telaah bersama. 
 
Rahasia 5. Hadir dan Berfoto Bersama Customer Saat Serah Terima Mobil
Tahukah Anda bahwa saat yang berkesan bagi customer adalah saat menerima produk yang dibelinya? Hal ini yang kadang kala tidak disadari oleh seorang salesman. Berbeda dengan Joe Girard, ia selalu meluangkan waktunya untuk hadir dalam acara serah terima mobil. Ia membawa kamera foto Polaroid dan mengabadikannya bersama keluarga customer. Bayangkanlah foto Joe Girard yang ada di setiap album foto customernya, bukankah ini menjadikan kesan mendalam bagi keluarga customer. Teman dan tetangga customer selalu menanyakan, siapakah orang asing yang berfoto di depan mobil baru. “oh itu adalah salesman otomotif saya. Namanya Joe Girard. Asik sekali orang nya!” Tanpa disadari si customer telah merefrensikan kepada teman dan tetangganya tentang profile Joe Girard. Sudah pasti ketika mereka mempunyai kebutuhan sebuah mobil, nama Joe Girard yang teringat di pikiran mereka. Bagaimana dengan Anda?

Rahasia 6. Menelpon dan Memberikan Tips Kepada Pelanggan
Apakah Anda menelpon customer setelah beberapa hari dari waktu pembelian barang ? Umumnya tidak!! Inilah pemahaman yang salah, seorang sales merasa sudah putus hubungan ketika telah terjadi transaksi penjualan. Beda dengan Joe Girard, Ia menelpon beberapa hari kemudian kepada customernya. Ia menanyakan keadaan customernya dan hal-hal yang berkaitan dengan pemakaian mobil barunya. Joe Girard juga memberikan tips-tips seputar penggunaan mobil dan perawatannya dengan terperinci. Setiap customer merasa diperhatikan sekali oleh Joe Girard, hal ini tidak didapatkan dari salesman lain. Kelihatannya hal sepele, tetapi membawa dampak yang fantastic! Buktinya Joe Girard mendapatkan 80% repeat order dan referensi!

Rahasia 7. Menjadikan customernya sebagai salesman
Wow, apakah maksudnya? Joe Girard selalu berpesan kepada customernya, yaitu jika mereka dapat memberikan referensi kepadanya maka Joe Girard akan memberikan uang senilai US$ 25. Lagi-lagi Ia menjalankan MLM (Marketing Lewat Mulut), Fantastic! Apakah Anda sebagai salesman pernah tanyakan kepada customer untuk mereferensikan Anda ? Apakah customer Anda menceritakan hal baik tentang Anda, ketika berkumpul dengan teman-temannya? Jika tidak, bagaimana Anda dapat order? Karena tidak ada MLM (Marketing Lewat Mulut). Joe Girard memang mengeluarkan uang untuk investasi tetapi hasilnya re-order dan referensi datang dengan sendirinya. Apakah customer Anda tetap ingat nama Anda? Jika nama Anda saja tidak diingat , tidak ada di HP customer, bagaimana Anda mendapat order atau referensi dari orang itu? Oleh karena itu sering-seringlah kirim sms dengan kata-kata motivasi.

Rahasia 8. Bekerjasama dengan Divisi Lain
Joe Girard sangat mendukung dan menghargai divisi lain khususnya rekan-rekan di departemen support seperti bengkel, spare part,dll. Karena masing-masing mempunyai peran. Dia sekali-kali mengajak montir dan divisi lain makan siang, sehingga Joe Girard dikenal baik oleh teman-teman perusahaannya. Ia memberikan sesuatu ke divisi lain, sehinga mereka akan mendukung customer Joe Girard dibandingkan dengan Salesman lain. Ia tahu bagaimana mengambil hati teman-temannya untuk mendukung usahanya. Apakah Anda mempunyai hubungan yang baik dengan divisi lain di kantor Anda?

Nah, setelah mengetahui rahasia sukses Joe Girard, apakah Anda siap menerapkannya?

4 comments:

Ingin Berlangganan Artikel Kami..?? Masukkan Email Anda Disini:

Delivered by FeedBurner