Sunday, May 13, 2012

5 Penyebab Kanker Yang Sering Kita Lakukan

Anda bisa saja merasa telah melakukan banyak hal dan berhati-hati untuk menjaga kesehatan. Namun, bisa jadi Anda tidak melihat kemungkinan lain, dimana hal-hal yang Anda lakukan malah bisa mengakibatkan kanker. Apa saja hal-hal yang bisa memicu kanker dan tak Anda sadari? Dr Oz melalui Oprah.com memberikan petunjuknya untuk Anda, berikut ini :

1. Terlalu banyak mengonsumsi vitamin E 
Vitamin E adalah antioksidan yang sering disarankan untuk mencegah kanker paru-paru. Namun, dalam jumlah yang berlebihan, vitamin E bisa menjadi anti dari antioksidan dan malah merusak DNA. Ini pada akhirnya akan memicu kanker untuk tumbuh. FDA menyarankan konsumsi vitamin E sebesar 30 IU setiap harinya. Ini berarti Anda tak perlu mengonsumsi suplemen vitamin E untuk multivitamin. Anda bisa mendapatkannya langsung dari nutrisi makanan Anda sehari-hari seperti kacang-kacangan, alpukat, kiwi, tomat, bayam, dan lainnya.

2. Tidak makan pada waktu yang sama setiap hari 
Ketika Anda makan pada waktu yang berbeda-bed setiap hari, tubuh Anda akan mengalami depresi. Misalnya, Anda sarapan pada pukul 07.00 pagi, kemudian berubah menjadi pukul 11.00 keesokan harinya. Tubuh Anda akan bingung mengenai dari mana mereka akan mendapatkan makanan selanjutnya. Ini menyebabkan sekresi yang berlebihan pada hormon stres, cortisol. Kadar cortisolyang tinggi akan menyebabkan peningkatan tajam pada insulin, yang bisa mengakibatkan peradangan dan menaikkan risiko berbagai macam kanker. Pastikan Anda selalu makan sesuai jadwal. Ketika tidak sempat, ada baiknya Anda membawa cemilan untuk memberikan makanan sementara pada tubuh Anda.

3. Tidak menyikat gigi secara teratur 
Kaitan antara penyakit gusi dengan kanker mulut telah jelas. Saat ini, penelitian juga menunjukkan adanya kaitan antara kebersihan bagian mulut dengan kanker payudara. Faktanya, 75% peningkatan kanker payudara terjadi pada wanita yang memiliki penyakit gusi. Untuk itu kebersihan mulut harus dijaga. Bakteri dalam mulut dan plak, serta peradangan pada gusi bisa menyebabkan kanker di bagian tubuh manapun. Untuk itu, Anda harus selalu menjaga kebersihan mulut Anda. Bersihkan gigi Anda setiap hari dan periksakan gigi Anda secara teratur pada dokter gigi.

4. Tidak tidur teratur 
Penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur kurang dari enam jam setiap malam memiliki risiko terkena kanker usus besar 50% lebih tinggi dari orang yang tidur teratur. Masalahnya, tubuh Anda tidak dapat memproduksi hormon melatonin dengan cepat saat Anda kurang tidur. Padahalmelatonin bekerja sebagai antioksidan yang memperbaiki sel serta membantu menjauhkan kanker. Pastikan Anda selalu tidur cukup dan teratur. tetapkan alarm dan pengingat kapan waktu untuk tidur.

5. Terlalu banyak mengonsumsi makanan rendah lemak 
Makanan kemasan seperti kue kering yang biasanya diberi label "rendah lemak" atau "bebas lemak" akan menggoda orang yang berniat menurunkan berat badannya. Namun makanan rendah lemak seperti ini mengandung banyak karbohidrat buruk dan gula yang akan menaikkan tingkat insulin dan menambah berat badan. Parahnya lagi, insulin yang meningkat tinggi akan menyebabkan kanker dan peradangan. Anda boleh mengonsumsi makanan-makanan ini, tetapi tidak terlalu sering. Pilihlah cemilan lain yang lebih sehat dan tidak membahayakan diet Anda.

Itulah lima hal yang mungkin sering Anda lakukan, dan tanpa sadar telah memicu kanker dalam tubuh Anda. Segera hindari kebiasaan-kebiasaan tersebut untuk menjaga tubuh Anda bebas dari kanker.

No comments:

Post a Comment

Ingin Berlangganan Artikel Kami..?? Masukkan Email Anda Disini:

Delivered by FeedBurner