Saturday, May 5, 2012

Jika Ingin Tidur Nyenyak, Makan Ini..!!

Menurut dokter Esther B Horn, sorang ahli nutrisi di New York, kafein dan makanan yang banyak mengandung gula bisa mengganggu ritme kerja tubuh Anda. Anda bisa mengkonsumsinya jika Anda ingin bangun semalaman. Tapi jika ingin tidur nyenyak, sebaiknya hindari makanan ini. (Selengkapnya klik disini)
Namun, efek dari gula dan kafein bisa berbeda-beda pada setiap orang. Ada orang yang membutuhkan seharian, sehingga disarankan untuk tidak mengkonsumsi kafein kecuali pada pagi hari. Namun ada juga orang yang masih dapat tidur nyenyak walaupun baru minum espresso saat makan malam. Semua tergantung pada bagaimana organ tubuh mereka merespon kafein.
Lalu, makanan apa yang boleh dimakan sebelum tidur? Baca berikut ini:

1. Ayam Kalkun
Kalkun mengandung banyak amino acid trytophan yang bisa membantu Anda untuk tertidur pulas. Tryptophan tidakmembantu Anda mengantuk, tetapi membantu otak untuk memproduksi serotonin yang dapat membuat Anda merasa rileks, sertamelatonin yang bisa membuat Anda mengantuk.
2. Kentang Tumbuk
Walaupun kentang mengandung banyak karbohidrat, tapi tidak mengandung banyak glukosa. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan kelebihan gula jika mengkonsumsi kentang. Makan kentang dengan susu rendah lemak saat makan malam, dan Anda akan mudah tertidur.
3. Pisang
Pisang mengandung melatonin dan tryptophan yang membantu Anda tertidur.Melatonin adalah hormon yang memberi sinyal pada tubuh untuk beristirahat. Pisang juga mengandung magnesium yang memberikan efek relaksasi pada otot dan membantu Anda mengatasi ketegangan secara pikiran dan fisik.
4. Susu
Susu adalah makanan keempat. Susu hangat mengandung banyak tryptophan yang akan membuat Anda rileks. Walaupun begitu, mengkombinasikan ayam kalkun dan susu akan membuat Anda pemalas dan sering buang gas. Jangan makan keduanya secara bersamaan.
5. Oatmeal
Oatmeal tidak hanya membuat perut Anda hangat, tapi juga kaya serat yang membuat Anda kenyang sebelum tertidur. Semangkuk oat hangat juga merupakan sumber melatonin yang baik.

Nah, jika masih tidak berhasil, Anda bisa menggunakan suplemen yang mengandung kalsium 500mg-800mg, magnesium 400mg, dan inositol 2000mg. Mandi di air garam yang hangat juga bisa membuat Anda tertidur. Caranya, larutkan garam 2 cangkir ke air hangat, berendamlah selama 15 menit. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment

Ingin Berlangganan Artikel Kami..?? Masukkan Email Anda Disini:

Delivered by FeedBurner