Saturday, May 5, 2012

Hindari Makan Ini Sebelum Tidur..!!

Ada makanan yang baik dimakan sebelum tidur jika Anda terkena insomnia, tetapi ada juga makanan yang harus Anda hindari sebelum tidur. Askmen.commerekomendasikan 10 makanan berikut ini untuk tidak dikonsumsi sebelum tidur. Jika Anda tak mau tidur nyenyak Anda terganggu, lebih baik hindari makanan-makanan di bawah ini:

1. Es krim
Es krim mungkin teman yang menyenangkan untuk menemani Anda sebelum tidur, tetapi jangan berlebihan. Seperti Anda ketahui, es krim mengandung lemak yang tak akan bisa dibakar selama Anda tidur. Selain itu, kadar gula dalam es krim akan membuat tubuh Anda penuh energi. Anda bisa jadi akan kesulitan untuk beristirahat karena badan Anda sedang prima. Mengonsumsi terlalu banyak gula sebelum tidur juga dapat menyebabkan mimpi buruk.
2. Seledri
Anda mungkin kaget melihat salah satu sayuran bernutrisi ini masuk dalam daftar. Namun ada satu alasan yang tepat kenapa Anda tidak boleh mengonsumsi seledri sebelum tidur. Seledri adalah zat diuretic alami yang akan membuat Anda sering buang air kecil. Tentunya Anda tak mau terganggu dengan ini selama tidur bukan?
3. Pasta
Pasta adalah makanan yang kaya karbohidrat. Dan jika Anda memakannya sebelum tidur, pasta akan berubah menjadi lemak. Selain itu, kebanyakan pasta memiliki tingkat glycemic yang tinggi, yang bisa mempengaruhi gula darah Anda, membuat Anda susah tidur, atau bahkan terbangun ketika malam.
4. Pizza
Jika Anda ingin membuat perut Anda bekerja keras selama Anda tidur, maka pizza adalah makanan yang tepat. Ketika tidur, seluruh tubuh Anda seharusnya beristirahat, tetapi dengan pizza, Anda akan membuat perut Anda terus mencerna makanan.
5. Permen
Jika Anda tak mau bermimpi buruk dalam tidur Anda, maka ada baiknya Anda menghindari permen sebelum tidur. Penelitian menunjukkan bahwa tujuh dari 10 orang yang memakan permen sebelum tidur lebih mudah mimpi buruk. Ini dipengaruhi oleh kadar gula yang dapat memicu gelombang 'mimpi buruk' pada otak.
6. Sereal
Sereal mengandung banyak gula dan karbohidrat. Anda tentu tak ingin menambah kadar gula dalam darah Anda selama tidur bukan? Jika Anda menginginkan sereal sebelum tidur, ada baiknya memilih sereal sehat dengan gandum utuh dan kadar gula yang rendah.
7. Bawang putih
Jika Anda tidur dengan pasangan Anda, bawang putih layak dihindari. Tak hanya membuat nafas Anda berbau, bawang putih juga dikenal sebagai tanaman herba pedas yang dapat menyebabkan mulas.
8. Cokelat hitam
Siapa yang tidak menyukai sedikit cokelat sebelum tidur? Namun cokelat hitam adalah makanan yang harus Anda hindari. Hampir semua cokelat mengandung kafein dan sedikit stimulan seperti theobromine yang dapat membuat jantung Anda berdetak lebih kencang.
9. Alkohol
Ada yang mengatakan bahwa alkohol dapat membuat Anda tidur nyenyak. Tetapi itu belum semua. Alkohol memang dapat membuat Anda tidur, tetapi bukan tidur yang nyenyak. Jika Anda tertidur karena alkohol, Anda akan sering terbangun di malam hari dengan perasaan frustasi. Alkohol juga menimbulkan efek samping seperti ketagihan yang akan membuat kesehatan Anda terganggu.
10. Daging merah
Memakan daging merah yang membuat kenyang sebelum tidur mungkin akan membuat Anda tidur nyenyak. Namun jangan lupa bahwa daging merah mengandung lemak dan protein yang tidak mudah dicerna oleh tubuh. Jadi, Anda akan memaksa perut Anda terus bekerja selama Anda tidur sekaligus menumpuk lemak. Walaupun begitu, karena daging merah mengandung zat besi dan tryptophan yang bisa membuat mengantuk, Anda juga dapat mengonsumsinya untuk membantu Anda tertidur. Namun, jangan konsumsi terlalu banyak, dan jaga jarak waktu Anda makan dengan tidur.

Jadi, hindari makanan di atas jika Anda ingin tidur nyenyak. Lalu, makanan apa saja yang dianjurkan bagi pengidap insomnia..? Simak disini

No comments:

Post a Comment

Ingin Berlangganan Artikel Kami..?? Masukkan Email Anda Disini:

Delivered by FeedBurner