Sunday, May 6, 2012

Pantangan Penderita Asma

Beberapa makanan dapat mempengaruhi kesehatan dan memicu terjadinya serangan asma. MelaluiHealthcentral.com, diketahui bahwa makanan yang dapat memicu asma adalah yang banyak mengandung sulfit. Sulfit diketahui dapat meningkatkan kemungkinan asma hingga 20%. Terkadang para penderita asma tidak mengetahui makanan-makanan yang tak baik bagi mereka. Apa saja makanan yang sebaiknya dihindari oleh para penderita asma? Ini dia :

1. Lemon atau jus Lemon buatan
Ada baiknya Anda menggunakan buah lemon asli atau air jeruk nipis. Jangan mengonsumsi lemon yang berasal dari minuman instan atau sirop. Mungkin butuh kerja ekstra untuk memeras buah lemon atau jeruk sendiri, tetapi hasilnya adalah minuman buah yang segar, dan Anda bisa bernafas lega.

2. Bir, anggur, sari buah dan teh
Bir, anggur, sari buah, dan teh mengandung asam sulfit yang tinggi. Jadi jika Anda pernah bertanya-tanya mengapa Anda tiba-tiba mengalami kesulitan bernapas setelah minum bir atau anggur, sekarang Anda tahu jawabannya.

3. Buah dan sayuran kering
Buah-buahan kering hasil fermentasi juga bisa memicu terjadinya asma. Buah-buahan kering yang harus Anda waspadai antara lain seperti kismis, nanas, aprikot dan cranberry. Tak hanya buah, sayur-sayuran kering juga tidak baik untuk dikonsumsi oleh penderita asma. Lebih baik Anda menggunakan buah-buahan dan sayuran yang masih segar.

4. Makanan fermentasi
Makanan fermentasi seperti acar, paprika, manisan, dan lainnya juga mengandung sulfit. Hindari makanan-makanan ini jika Anda tidak ingin terkena serangan asma.

5. Kentang kemasan
Makanan-makanan seperti kentang goreng beku dan kentang goreng kemasan memiliki tingkat sulfit yang tinggi. Jadi berhati-hatilah. Ada baiknya Anda memasak kentang goreng segar. Kentang goreng panggang yang diolesi minyak zaitun juga bisa jadi pilihan yang bagus dan menyehatkan.

6. Udang
Udang beku kaya akan sulfit. Sulfit digunakan pada udang untuk mengawetkan dan mencegah flek hitam pada udang. Ada baiknya Anda membeli udang segar, yang mungkin sulit didapatkan dan agak mahal. Namun dengan mengurangi konsumsi udang-udang yang sudah diawetkan dan menggantinya dengan udang segar dapat menyelamatkan kesehatan Anda.

7. Sulfit
Ini dia pelaku utamanya. Makanan-makanan yang mengandung sulfit antara lain asparagus, daun bawang, pati jagung, telur, bawang putih, daun bawang, selada, sirop, salmon, produk dari kedelai, dan tomat. 

Jika Anda punya asma dan menemui makanan-makanan di atas, segera hindari. Jangan coba-coba mengonsumsi makanan-makanan ini, atau nafas Anda menjadi taruhannya.

5 comments:

  1. wah, orang punya asma hrs menghindari teh, udang, anggur, sari buah? Lha teman saya yg punya asma gak punya pantangan apa-apa...makan ya makan saja...hehehhe

    ReplyDelete
  2. semoga Allah yg Maha menyembuhkan : memberikan kesembuhan kepada saya dan kepada penderita asma yang lain di dunia ini.....Aamiin

    ReplyDelete
  3. Aneh...bawang putih kok jd pantangan bagi penderita sama ? sementara pd pembuatan obat tradisional salah satu bahannya adalah bawang putih...

    ReplyDelete
  4. Kalo ud asma dr kecil kayak q gmn apa bisa sembuh sebab kalo kecapean suka kumat






    ReplyDelete

Ingin Berlangganan Artikel Kami..?? Masukkan Email Anda Disini:

Delivered by FeedBurner