Sunday, November 27, 2011

Kiat Sehat Jiwa Raga (Jasmani dan Rohani)

Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan (raga), mental (jiwa), dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Pengertian sehat meliputi kesehatan jasmani (raga), rohani (jiwa), serta sosial dan bukan hanya keadaan bebas dari penyakit, cacat dan kelemahan. Menurut WHO Sehat itu sendiri dapat diartikan bahwa suatu keadaan yang sempurna baik secara fisik, mental dan sosial serta tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan. Kesehatan fisik terwujud apabila sesorang tidak merasa dan mengeluh sakit atau tidak adanya keluhan dan memang secara objektif tidak tampak sakit. Semua organ tubuh berfungsi normal atau tidak mengalami gangguan. Sedangkan kesehatan mental (jiwa) mencakup 3 komponen, yakni pikiran, emosional, dan spiritual. 

Nah, bagaimana caranya agar kita bisa sehat secara fisik dan mental atau raga dan jiwa, yang merupakan langkah awal untuk mendapatkan sehat sosial? Berikut langkah-langkahnya :

1. Bangun sebelum shubuh atau dini hari untuk qiyamul lail.
Bagi anda yang pelajar/mahasiswa anda bisa menulis di waktu yang hening itu. Lebih afdhal juga jika anda bangun sholat dan berdoa. Sebab doa pada waktu malam kemungkinan terkabulkannya cukup besar. Dan, lakukanlah sholat Shubuh secara berjama’ah di masjid.
Jika rumah anda terbilang agak jauh dari masjid, kondisi tersebut sungguh sangat menguntungkan. Anda bisa jalan kaki ke masjid. Jadi, selain mendapat pahala yang jauh lebih besar, anda juga bisa sekaligus berolahraga sambil menikmati sejuknya udara di pagi hari.
Jika anda rutin melakukannya, jalan kaki akan menjadikan peredaran darah lebih teratur, dan darah akan sampai dalam jumlah yang besar ke pembuluh-pembuluh darah yang ada di seluruh tubuh, sehingga dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan banyak keletihan yang disebabkan oleh kurangnya suplai darah di seluruh sudut tubuh pada beberapa penyakit.

2. Jangan mudah emosi atau mudah marah.
Rasullullah saw, memperingatkan kita, "Jangan marah, jangan marah, jangan marah." Ini menunujukkan bahwa hakikat kesehatan dan kekuatan Muslim bukanlah terletak pada jasadiyah belaka, tetapi lebih jauh yaitu dilandasi oleh kebersihan dan kesehatan jiwa.
Jika anda termasuk tipe orang yang suka marah, atau mudah terpancing emosi lalu marah, Rasulullah saw memberikan tips berikut ini : 
  • Mengubah posisi ketika marah, bila berdiri maka duduk, dan bila duduk maka berbaring
  • Membaca ta 'awwudz, karena marah itu dari syaithan
  • Segeralah berwudhu dan lakukanlah sholat dua rakaat untuk meraih ketenangan dan menghilangkan kegundahan hati

3. Jangan mendengki saudara Muslim yang lainnya.
Gembira jika saudaranya tertimpa musibah dan bersedih jika suadaranya mendapat berkah, itulah dengki yang merupakan sikap yang tercela dan bisa menghanguskan pahala kebaikan kita sendiri.
“Waspadalah terhadap hasud (iri dan dengki), sesungguhnya hasud mengikis pahala-pahala sebagaimana api memakan kayu.” (HR. Abu Dawud).
Seorang pendengki akan terbebani mentalnya hingga sakit akibat dari ketidaknyamannya melihat orang lain mndapat nikmat.

4. Senantiasa berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala agar diberikan kesehatan. 
Allah Subhanahu wa Ta’ala telah merintahkan kita berdo’a dan menjanjikan terkabulnya do’a yang kita mohonkan. Cepat atau lambat dikabulkannya doa terserah Allah. Dengan berdo’a hati dan jiwa kita akan lebih tenang, harapan pun akan terus berkembang. Diantara doa yang dianjurkan adalah sebagaimana diwasiatkan Rasulullah, “Mohonlah kepada Allah keselamatan dan afiat. Sesungguhnya tiada sesuatu pemberian Allah sesudah keyakinan (iman) lebih baik dari pada sehat afiat.” (HR Ibnu Majah).

5. Perbanyaklah puasa.
Seorang pengurus masjid di kawasan Grogol Jakarta Barat. Usianya sudah lebih dari 70 tahun, tetapi fisiknya masih kuat. Dia mampu membersihkan masjid dan naik turun tangga setiap hari.
Tatkala ditanya, apa rahasianya, jawabannya cukup singkat, “Kosongkan perutmu dua kali seminggu dan perbanyaklah minum air disertai doa. Mesin saja kalau tidak diservice bisa rusak," begitu jawabnya sederhana. Subhanallah.
Benar, puasa dan doa adalah salah satu cara menservice fisik manusia supaya tetap bugar. Nabi pernah berpesan, dalam amalan puasa, terkandung banyak manfaat kesehatan. ”Puasalah kamu niscaya kamu akan sehat selalu.” 

6. Biasakan mencegah penyakit.
Ya, mencegah jauh lebih murah dari mengobati. But, mencegah penyakit bukan dengan mengundang penyakit baru, seperti memasukkan kimia buatan ke dalam tubuh. Mencegah yang paling baik adalah dengan cara selaras dengan alami tubuh. Biasakan untuk mengkonsumsi suplemen herbal seperti madu, habbatussauda dan produk alam lainnya. Bahkan, ketika sakit pun utamakan penggunaan obat-obatan herbal (Baca artikel “Apa untungnya berobat dengan herbal”). 

Kalau mau sehat jiwa dan raga, terapkan kiat diatas..!

Salam Sehat dan Sukses

1 comment:

Ingin Berlangganan Artikel Kami..?? Masukkan Email Anda Disini:

Delivered by FeedBurner